Tiang Kekufuran

Ibnu Qayyim –rahimahullah– berkata,

Tiang Kekufuran ada empat:

Sombong, Hasad, Pemarah, dan Syahwat.

tiang kufur

Adapun kesombongan akan mencegah dari ketundukkan,

Dan iri hati mencegah dia untuk menerima saran dan melaksanakannya, dan kemarahan mencegah dia berbuat adil, dan nafsu mencegah dia melaksanakan untuk ibadah,

Jika tiang kemarahan roboh mudah baginya untuk tunduk, dan jika tiang hasad roboh mudah baginya untuk menerima saran dan melakukannya, dan jika tiang kemarahan roboh mudah baginya untuk berlaku adil dan rendah hati, dan jika tiang syahwat roboh mudah baginya untuk sabar, menjaga kesucian dan beribadah.

Terangkatnya gunung dari tempatnya masih lebih mudah daripada terangkatnya keempat hal tadi bagi yang diuji dengannya, terutama jika sudah menjadi bagian yang kuat dan sifat yang menetap, tidak akan lurus baginya amalan sama sekali atau juga ketika beramal, maka tidak mensucikan dirinya sendiri dengan melakukan hal itu, dan setiap kali mencoba bersungguh-sungguh di dalam beramal keempat hal tadi akan merusaknya, dan semua kekeliruan adalah hasil dari hal tersebut, dan jika (keempat hal tadi) menghujam kuat dalam hati, maka dia akan melihat kebatilan dalam bentuk yang kebenaran dan kebenaran dalam bentuk kebatilan. Kebaikan terlihat dalam bentuk kejahatan, dan kejahatan dalam bentuk kebaikan. Dunia menjadi dekat akhirat pun menjauh.

Dan jika Anda memperhatikan kekafiran umat-umat bermula dari keempat hal tadi. Karena sebab itu diturunkanlah adzab, ringan dan beratnya adzab tergantung ringan dan beratnya keempat hal tadi. Barangsiapa menghilangkannya dari dirinya, maka akan dibuka baginya semua pintu kebahagiaan segera atau nanti. Namun siapa yang menutup pintu (menjaga) keempat hal ini dari dirinya, maka akan ditutup seluruh pintu kebaikan. Maka pasti akan tercegah dari tunduk, ikhlash, taubat, inabah, menerima kebenaran dan nasihat kaum muslimin, serta merendah di hadapan Allah dan makhluk.

Al-Fawaid libnil Qayyim hal. 157

 

12302 Total Views 9 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published.