Pohon-Pohon Surga

وَأَصْحَابُ الْيَمِينِ مَا أَصْحَابُ الْيَمِينِ فِي سِدْرٍ مَخْضُودٍ وَطَلْحٍ مَنْضُودٍ وَظِلٍّ مَمْدُودٍ وَمَاءٍ مَسْكُوبٍ وَفَاكِهَةٍ كَثِيرَةٍ لَا مَقْطُوعَةٍ وَلَا مَمْنُوعَةٍ

“Dan golongan kanan, alangkah bahagianya golongan kanan itu. Berada di antara pohon bidara yang tak berduri, dan pohon pisang yang bersusun-susun (buahnya), dan naungan yang terbentang luas, dan air yang tercurah, dan buah-buahan yang banyak, yang tidak berhenti (berbuah) dan tidak terlarang mengambilnya.” (QS. Al-Waqi’ah : 27-33)

Allah Ta’ala berfirman :
ذَوَاتَا أَفْنَانٍ

“Kedua Surga itu mempunyai pohon-pohonan dan buah-buahan.” (QS. Ar-Rahman: 48)

Kata ‘afnaan’ adalah bentuk jamak dari kata ‘fanan’ yang bermakna dahan-dahan.

Dan Allah Ta’ala berfirman :
فِيهِمَا فَاكِهَةٌ وَنَخْلٌ وَرُمَّانٌ

“Di dalam keduanya (ada macam-macam) buah-buahan dan kurma serta delima.” (QS. Ar-Rahman : 68)

Dalam ash-Shahihain disebutkan dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

‘Sesungguhnya di Surga terdapat satu pohon yang mana seorang penunggang berjalan di bawah naungannya selama seratus tahun, ia tidak bisa melewatinya. Jika kalian mau, bacalah ayat : ‘Dan naungan yang terbentang luas.'” (QS. Al-Waqi’ah : 48)

Dalam ash-shahihain disebutkan dari hadits Sahl bin Sa’d radhiyallahu ‘anhu, dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda :

“Sesungguhnya di Surga terdapat satu pohon, seorang penunggang akan berjalan di bawah naungannya selama seratus tahun dan tidak bisa melewatinya.”

Dalam Jami’ at-Tirmidzi disebutkan dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

‘Tidak ada pohon di Surga melainkan batangnya adalah emas.'”

At-Tirmidzi berkata. “Ini adalah hadits hasan.”

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : ‘Allah berfirman :

‘Aku siapkan untuk hamba-hamba-Ku yang shalih apa yang tidak pernah dilihat mata, tidak pernah didengar telinga, dan tidak pernah terbesit dalam hati manusia.’ Bacalah jika kalian mau ayat: ‘Tidak seorang pun mengetahui berbagai nikmat yang menanti, yang indah dipandang sebagai balasan bagi mereka atas apa yang mereka kerjakan.’ (QS. As-Sajdah : 17) Di dalam Surga terdapat satu pohon, seorang penunggang akan berjalan di bawahnya selama seratus tahun dan tidak bisa melewatinya. Bacalah jika kalian mau ayat : ‘Dan naungan yang terbentang luas.’ (QS. Al-Waqi’ah : 30) ‘Tempat cambuk di Surga lebih baik dari dunia dan apa yang ada padanya.’ Bacalah jika kalian mau ayat : ‘Barangsiapa yang dijauhkan dari Neraka dan dimasukkan ke dalam Surga, maka sungguh ia telah beruntung.'” (QS. Ali’Imran : 185)

(Sumber : Wisata ke Surga, Ibnul Qoyyim, Griya Ilmu)

g3806

21936 Total Views 13 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published.