KERJAKAN SEKARANG, JANGAN TUNGGU ESOK!

وعن ابن عمر – رضي الله عنهما- قال: أخذ رسول الله صلى الله عليه و سلم بمنكبي فقال: كن في الدنيا كأنك غريب، أو عابر سبيل وكان ابن عمر – رضي الله عنهما – يقول: إذا أمسيت فلا تنتظر الصباح، وإذا أصبحت فلا تنتظر المساء، وخذ من صحتك لمرضك، ومن حياتك لموتك. رواه البخاري.

Dari Ibnu Umar radhiallohu ‘anhuma beliau berkata: Rosululloh shollallohu ‘alaihi wa sallam pernah memegang kedua pundakku seraya bersabda, “Jadilah engkau di dunia seperti orang asing atau musafir.” Ibnu Umar berkata: “Jika engkau berada di sore hari jangan menunggu datangnya pagi dan jika engkau berada pada waktu pagi hari jangan menunggu datangnya sore. Pergunakanlah masa sehatmu sebelum sakit dan masa hidupmu sebelum mati.” (HR. Bukhori)

Beberapa faidah (pelajaran) dari hadits ini :

1. Motifasi untuk bersikap zuhud terhadap dunia dan tidak menjadikannya tempat untuk menetap (selama-lamanya). Berdasarkan hadits ini : “Jadilah engkau di dunia ini seakan-akan orang asing atau pengembara.”

2. Bagusnya metode pengajaran Nabi Shallallahu ‘alaihi wa Sallam yang membuat permisalan yang memuaskan, sebab jika beliau hanya berkata : “Zuhud-lah engkau di dunia dan jangan terpedaya olehnya,” atau selainnya, maka hal itu kurang mengena di hati. Lain halnya dengan ucapan Nabi Shallallahu ‘alaihi wa Sallam ini : “Jadilah engkau di dunia ini seakan-akan orang asing atau pengembara.”

3. (Bolehnya) membuat ‘trik’ untuk membuat orang yang diajak bicara menjadi perhatian dan menghadirkan hatinya, berdasarkan hadits di atas : “Nabi Shallallahu ‘alaihi wa Sallam memegang kedua pundak saya.” Yang semisal dengan ini; ketika mengajarkan Ibnu Mas’ud radhiyallahu ‘anhu bertasyahhud Nabi Shallallahu ‘alaihi wa Sallam memegang tangannya dan menjadikannya di hadapan beliau Shallallahu ‘alaihi wa Sallam, supaya memperhatikan.

4. Selama masih hidup dan dalam keadaan sehat, selayaknya orang yang berakal senantiasa beramal shalih, sebelum ajal menjemput, sehingga berakhirlah segala aktivitasnya.

5. Ada pelajaran berharga dari apa yang disampaikan Ibnu ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma : “Siapa yang berada di pagi hari, janganlah ia menunggu waktu sore.” Kita telah menyebutkan dua makna dari perkataan beliau ini. Demikian pula orang yang berada di sore hari, janganlah ia menunggu waktu pagi. Pelajaran berharga lainnya : “Hendaklah seorang muslim memanfaatkan masa sehatnya sebelum tiba masa sakitnya, sebab ketika masa sehat akan mudah baginya melakukan ketaatan atau menjauhkan kemaksiatan, lain halnya ketika sakit. Dan manfaatkanlah masa hidupmu untuk menghadapi kematian.

6. Keutamaan ‘Abdullah bin Umar radhiyallahu ‘anhuma. Ia sangat terkesan dengan nasehat Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam. Wallaahu ‘alam.

Oleh : Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin

(sumber : Syarah Hadits Arba’in, Pustaka Ibnu Katsir)g3785

20781 Total Views 18 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published.