Bau Badan Pemicu Perceraian?

Mengambil istilah BBM (Bau Badan Masya Allah)

Ada seorang akhwat yang hari-harinya tidak sepi dari konflik. Rumah tangganya selalu saja ada percekcokan dengan suami, karena sang suami jarang gosok gigi dan ahli hisap rokok. Dari hari ke hari percekcokan semakin parah, suami kurang menjaga kebersihan gigi dan bau mulut, padahal dia seorang laki-laki yang taat beragama dan beribadah kepada Allah. Pernikahannya Berakhir dengan perceraian, padahal umur pernikahannya baru seumur jagung. Mengapa kehidupan rumah tangga gagal padahal sang istri seorang ahli ibadah dan taat beragama begitu juga sang suami?

BauBadan

Banyak masalah rumah tangga yang muncul karena bau badan. Mereka kurang memperhatikan pentingnya kebersihan, padahal kebersihan bagian dari Sunnah Nabi. Islam sangat menganjurkan masing-masing suami istri berhias untuk pasangannya. Rasulullah sangat menganjurkan setiap kaum Muslim agar menjaga kerapian dan kebersihan gigi, badan, pakaian dalam setiap keadaan terutama pada hari Jum’at, Beliau bersabda,

 

“Mandilah pada hari jum’at dan siramlah kepalamu meskipun kamu tidak dalam keadaan junub serta oleskan minyak wangi (di badanmu).” (HR. al-Bukhari)

 

Suami dalam kasus di atas kurang mengindahkan kebersihan gigi dan bau mulut, sehingga sadar atau tidak, hal itu menjadi penyebab kebencian istrinya. Sementara Rasulullah menjadi contoh dan teladan kita semua dalam segala perkara terutama menjaga kebersihan. Sebagaimana pernah ibunda Aisyah ditanya, “Dengan apa nabi memulai ketika hendak masuk rumah?” Beliau menjawab, “Dengan siwak.” (HR. Muslim)

 

Dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah bersabda,

“Jika bukan karena khawatir memberatkan umatku, maka aku akan memerintahkan mereka agar bersiwak setiap hendak wudhu.” (HR. Malik)

Dalam riwayat Bukhari dan Muslim Nabi bersabda,

“Maka aku akan memerintahkan mereka agar bersiwak setiap hendak shalat.” (HR. al-Bukhari dan Muslim)

bdullah bin Abbas berkata, Saya senang berdandan untuk istriku, sebagaimana aku senang dia berdandan untukku. (Lihat Tafsir Zaadul Masir)

 

Sudahkah anda paham wahai saudariku sang istri, dan sudahkah anda mengerti wahai saudaraku sang suami, betapa tinggi perhatian Rasulullah tentang masalah kebersihan gigi dan mulut, bahkan kebersihan seluruh badan, kenapa anda tidak menaruh rasa simpati terhadap sunnah-sunnah mulia Rasulullah? Bukankah perintah wudhu sebelum shalat bagi orang yang berhadats kecil dan perintah mandi junub sebelum shalat bagi orang yang berhadats besar merupakan bentuk kepedulian Islam terhadap kebersihan?

 

Disadur dari Kalau Kau Jantan Ceraikan Aku Ustadz Zainal Abidin, Lc

11697 Total Views 5 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published.